Minggu, 31 Maret 2013

Cara Membaca Sepintas



Cara membaca cepat ini adalah cara membaca yang sebenarnya bukanlah berarti kita dapat mengerti dan paham secara mendalam seperti kita membaca normal. Cara membaca ini adalah cara untuk mengetahui sesuatu yang disampaikan dengan cara singkat. Atau memahami inti yang disampaikan dalam satu buku, artikel, makalah, laporan ilmiah dan lain sebagainya dengan cara yang cepat dan singkat.

Cara membaca sepintas
Cara membaca yang pertama adalah dengan cara membaca sepintas. Cara membaca seperti ini berguna untuk mengetahui isi satu buku dan hal-hal yang menarik didalamnya. Cara membaca seperti ini sangat cocok untuk menyeleksi buku -- atau tulisan apapun, disini dicontohkan adalah buku, -- apabila seseoarang tersebut hendak mencari buku referensi untuk membuat suatu tulisan karya ilmiah, atau penelitian. Cara membaca seperti ini sangat cepat mengetahui isi buku, apa saja yang dibicarakan dan dibahas di buku tersebut, dengan demikian seseorang akan dapat mengetahui dengan cepat apakah buku itu berguna dalam penelitian atau karya ilmiah yang akan dibuatnya.

Cara membacanya
  1. Bacalah judul buku, pengarang, sehingga dengan demikian anda mendapat gambaran tentang judul buku. Pikirkan sedikit tentang judul buku, sehingga dengan demikian otak anda dengan cepat mungumpulkan data-data yang selama ini anda ketahui tentang judul tersebut. Dengan demikian walaupun anda tidak membaca isi buku tersebut anda sudah mengetahui sedikit banyak gambaran tentang bahasan yang akan disampaikan dalam buku tersebut. Hal ini berguna dalam mempersiapkan otak anda untuk menggali hal-hal yang akan disampaikan dalam buku tersebut. Setelah otak anda terpenuhi kembali dengan memori tentang yang berkaitan dengan judul tersebut, baru masuk cara kedua.
  2. Baca Daftar isi. Dengan pikiran yang dipenuhi memori tentang judul tersebut anda baca daftar isi, anda dapat membandingkan antara judul-judul disetiap bab dengan ingatan anda tentang judul-judul bab tersebut. Baca sub-sub judul setiap bab sehingga anda dapat mengetahui pembahasan setiap bab secara lebih mendalam. Anda dapat mengetahui sismatika tulisan dibuku itu dibuat dengan cara melihat susunan tulisan dalam daftar isi tersebut. Hal ini perlu untuk mengetahui apakah buku tersebut adalah buku yang menarik, teratur dalam mengungkapkan, tersusun secara sistematis, mudah dipahami dan lain sebagainya. Sampai disini anda sudah bisa mengetahui isi buku tersebut, tetapi tidak begitu mendalam dan mengetahui apa maksud penulis sebenarnya. Untuk mengetahui maksud penulis sebenarnya maka perlu baca Bab Pendahuluan. Ini masuk cara ketiga.
  3. Baca Bab Pendahuluan, satu atau dua halaman saja. Dengan membaca kita dapat membaca pikiran penulis, apa yang sedang ia pikirkan terkait dengan judul buku, apa maksud penulis sebenarnya dalam menulis buku tersebut, untuk mengetahui maksud penulis sebenarnya dalam membuat tulisan tersebut dapat dibaca dalam kata pengantar, anda dapat mengetahui dengan cara membaca beberapa baris paragraf pertama dari kata pengantar tersebut, kalau tidak ditemukan anda dapat membaca dengan cara scanning memindai, cara membaca cepat dari atas dan kebawah dalam mencari kata kunci, cara membaca seperti ini akan diterangkan dalam nanti, carilah dengan kata kunci “maksud penulis.”.
  4. Terakhir bacalah bagian penutup, kesimpulan dan saran. Kalau bagian penutupnya panjang baca paragraf pertama, kedua dan terakhirnya saja. Kemudian baca bab kesimpulan dengan baca bagian kesimpulan kita dapat mengetahui kesimpulan akhir buku tersebut, dan akhir dari pembahasannya.

Demikian cara membaca sepintas yang dapat dilakukan semoga berguna untuk mempercepat mengetahui isi suatu buku.

Tidak ada komentar: