Seri
belajar
Aktif, mendengar efektif, merupakan
kebiasaan,
sebagaimana dasar komunikasi aktif.
sebagaimana dasar komunikasi aktif.
Tujuan mendengar aktif terpusat pada
siapa yang Anda dengarkan, meskipun di dalam kelompok atau perorangan, dengan
tujuan untuk mengerti apa yang ia katakan. Sebagai pendengar, Anda kemudian
harus mungkin mengulang kembali dengan kata-kata Anda sendiri apa yang mereka
katakan tentang kepuasan mereka. Ini tidak berarti Anda setuju, tetapi
cenderung pada, mengerti apa yang mereka katakan.
Apa yang mempengaruhi ketika
mendengar?
Apa
yang Anda pikirkan tentang suatu pokok pikiran?
Apakah ini baru atau Anda mempunyai banyak pengalaman tentang itu? Apakah sulit dimengerti atau sederhana? Apakah penting untuk Anda atau hanya suatu lelucon? |
Apakah pembicara berpengalaman
atau gelisah?
Apa isyarat yang digunakan pembicara? Apa kerangka pikirannya? Bagaimana minat, ancaman, kecerdasan, dan seterusnya, dan seterusnya.? |
|
|
Apakah
pesan diilustrasikan
secara visual atau dengan contoh? Apakah teknologi d?unakan secara efektif (berdaya guna)? Apakah konsep-konsep dikenalkan secara bertahap, atau dengan contoh? |
Apakah ruang cukup mendukung untuk
mendengar?
atau untuk berinteraksi atau bertukar pikiran dengan pembicara? Apakah ada gangguan yang dapat dihindarkan? |
Gambaran berikut adalah
faktor-faktor eksternal.
Sekarang : bagaimana tentang Anda, sebagai pusat, pendengar? Siapkan diri dengan sikap yang positif.
Sekarang : bagaimana tentang Anda, sebagai pusat, pendengar? Siapkan diri dengan sikap yang positif.
- Konsentrasikan perhatian Anda pada subyek.
Berhenti dengan kegiatan yang tidak ada hubungannya sebelum berorientasi dengan diri Anda pada pembicara atau topik (pokok persoalan). - Pertimbangkan secara mental apa yang Anda sudah ketahui
tentang subyek..
Aturlah berdasarkan materi terdahulu dalam kaitan dengan pengembangan selanjutnya.
(pelajaran-pelajaran sebelumnya, program televisi, artikel surat kabar, web sites, pengalaman hidup yang nyata sebelumnya, dan seterusnya) - Menghindarkan Gangguan
Tempatkan diri Anda secara tepat dekat dengan pembicara.
Menghindarkan gangguan dari ( sebuah jendela, tetangga yang cerewet, ribut, dan seterusnya). - Mengakui keadaan suatu emosi
Menangguhkan emosi sampai nanti, atau berpartisipasi secara pasif kecuali kalau Anda dapat mengendalikan emosi. - Kesampingkan prasangka Anda, pendapat Anda.
Anda sekarang belajar apa yang dikatakan pembicara , tidak cara lain di sekitar.
Mendengar secara aktif
- Menjadi arah lain; berkonsentrasi pada komunikasi
dengan orang
Ikuti dan pahami pembicara sebagaimana kalau Anda berjalan dengan sepatu mereka. - Dengar dengan telinga Anda tetapi juga dengan mata dan pengertian lain.
- Hati-hati: menjawab secara lisan bagian-bagian di dalam
pembicaraan.
Biarkan argumentasi atau presentasi berlangsung sesuai dengan pelajaran.
Jangan Anda menyatakan setuju atau tidak, tetapi mendorong melatih pikiran. - Melibatkan:
Secara aktif menanggapi mengarahkan pertanyaan
Gunakan posisi tubuh Anda ( misalnya, bersandar ke depan) dan perhatian pada dorongan dan tanda yang menarik dari pembicara.
Kegiatan Berikutnya
Satu
lawan satu
|
Di
dalam kelompok/penonton
|
Berikan si pembicara waktu dan ruang istirahat sesudah berbicara
Nyatakan pemahaman sebagai bagian membangun kepercayaan dan dorongan di dalam
dialog
Periksa kalau Anda sudah mengerti
Dialog lanjutan:
|
Berikan si pembicara ruang untuk menyusun kembali tanya jawab sesudah berbicara
Selama tanya & jawab
Kalau mengajukan sebuah pertanyaan
Kalau membuat pokok pikiran
Kembangkan lebih lanjut
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar