Jumat, 23 November 2012

Perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro

D
Windows 8 resmi dirilis pada tanggal 26 Oktober 2012 kemarin, dan yang PG kutip dari Tech Report, penjualan Windows 8 ternyata jauh dari yang diharapkan dan bisa dibilang mengecewakan. Baik Windows 8 RT dan Windows 8 Pro, kedua versi ini tidak mencapai target penjualan. Oh iya, sudah tahukah kamu apakah Windows 8 RT dan Windows 8 Pro?
Windows 8 RT adalah versi spesial dari Windows 8, dibangun dengan mesin ARM dan intel x86. Walaupun begitu, ternyata ada perbedaan yang mendalam antara Windows 8 RT dan Windows 8 Pro. Jika kamu ingin membeli Windows 8, namun tidak mengetahui seluk beluknya. Sebaiknya kamu baca artikel PG kali ini, karena PG akan memberikan info mengenai perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro. Ini akan menentukan versi mana yang akan kamu beli, daripada kamu salah beli kan.

#1 – Harga

Berdasarkan harga, Windows 8 Pro telah hadir di pasaran sebagai versi upgrade dari Windows-windows versi sebelumnya. Jika kamu upgrade secara online kamu perlu membayar $40 pada 26 Oktober kemarin, sedangkan jika kamu memilih upgrade versi DVD kamu perlu membelinya di toko seharga $70 dengan cara pre-order. Kalau kamu memiliki Windows 7 yang dibeli antara 2 Juni sampai 3 Januari 2013 bisa mengupgrade ke Windows 8 dengan membayar $15. Jadi buat kamu yang ingin beralih ke Windows 8, kamu harus mempunyai Windows original terlebih dahulu barulah kamu dapat upgrade. Nah untuk kamu yang tidak mempunyai versi originalnya, harap bersabar karena Microsoft belum meresmikan versi stand alone dari Windows 8 Pro.
Apa Perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro?
Untuk Windows 8 RT, kamu tidak dapat membeli versi upgrade maupun versi stand-alone-nya. Karena Windows 8 RT dijual bersamaan dengan device, seperti Microsoft Surface RT atau patner Microsoft OEM lainnya. Jika Windows 8 Pro dan Windows 8 RT dijual bersamaan dengan device-nya, maka yang jauh lebih murah adalah Windows 8 RT.

#2 – Hardware

Windows 8 Pro dibangun menggunakan processor x86 dengan Intel atau chip AMD. Yang akan bekerja seperti komputer pada umumnya. Sedangkan Windows 8 RT dibangun menggunakan processor ARM yang biasanya digunakan oleh smartphone dan tablet. Jelas sekali kemampuannya sangat berbeda.
Apa Perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro?
Apa Perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro?

#3 – Battery Life

Apa Perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro?
Karena Windows 8 Pro datang dengan kemampuan dan hardware seperti komputer pada umumnya, daya battery yang dibutuhkan tentu lebih besar. Diperkirakan battery life-nya sekitar 6 dan 8 jam. Sedangkan untuk Windows 8 RT dapat bertahan lebih lama, sekitar 8 dan 13 jam. Salah satu patner Microsoft Dell dengan produk tablet XPS 10 RT bisa bertahan sampai 20 jam.

#4 – Tampilan

Sekilas tampilan Windows 8 Pro dan RT tampak sama, namun ternyata berbeda. Windows 8 Pro berjalan dengan full fitur baik mode desktop ataupun start screen. Sedangkan untuk Windows 8 RT mode desktop-nya jauh dari yang Windows 8 Pro. Kamu tidak bisa menjalankan software third-party seperti Firefox atau Chrome.
Apa Perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro?
Apa Perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro?

#5 – Dukungan Software

Untuk Windows 8 Pro kamu tidak perlu kawatir, karena bisa menjalankan semua software. Baik dari third-party seperti Firefox, VirtualBox dan masih banyak lagi. Dari Windows Store pun kamu bisa mendownload dan menjalankannya.
Sedangkan untuk Windows 8 RT hanya support software dari Windows Store dan bersi built-in dari Microsoft seperti Office 2013. Ini berarti, software yang kamu jalankan di Windows 8 RT hanya dapat kamu gunakan jika disetujui oleh pihak Microsoft dan ada di Windows Store. Saat ini Windows Store sudah ada sekitar 5000 aplikasi, 90% diantaranya kompatibel dengan Windows RT. Sayangnya lagi Windows 8 RT tidak ada Windows Media Player, sehingga menggunakan Xbox Music.

#6 – Kesimpulan

Apa Perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro?
Nah mungkin kamu bertanya-tanya manakah yang terbaik untuk dibeli? Menurut PG sih ini tergantung kebutuhkan yang kamu perlukan. Jika kamu ingin sistem operasi komputer seperti biasanya maka sebaiknya kamu membeli Windows 8 Pro. Dengan menggunakan Windows 8 Pro, kamu bisa menjalankan software-software yang biasanya kamu gunakan. Namun jika kamu membutuhkan tablet, maka kamu bisa memilih Windows 8 RT.

Tidak ada komentar: